Selasa, 02 Oktober 2012

Cara Mengatasi Sembelit secara Alami


Cara Mengatasi Sembelit secara Alami - Sembelit atau susah buang air besar biasa diindikasikan dengan kesulitan dalam pembuangan kotoran padat. Beberapa gejala lain juga dialami oleh beberapa orang seperti sakit kepala, susah tidur, luka pada mulut  dan kurang nafsu makan. Pada dasarnya sembelit disebabkan karena pola makan yang buruk, kurangnya konsumsi air, vitamin dan mineral.

Mengatasi Sembelit
Berikut beberapa daftar makanan yang dapat membantu mengatasi sembelit secara alami, Anda bisa langsung mencobanya karena makanan di bawah ini sangat familiar dikonsumsi :
  1. Sayur Bayam : Konsumsi 100 mL bayam dicampur air dalam porsi yang sama dua hari sekali dapat mengobati sembelit secara efektif. Bayam merupakan sayuran kaya serat yang dapat membantu membersihkan dan meregenerasi usus.
  2. Buah Pir : Buah pir banyak digunakan untuk pengobatan sembelit pada kasus yang cukup parah. Konsumsi buah pir setelah sarapan atau setelah makan malam dapat memberikan hasil yang efektif.
  3. Buah Anggur : Konsumsi minimal 350 gr anggur setiap hari dapat membantu mengatasi sembelit. Buah anggur banyak mengandung gula, selulosa dan asam organik yang merupakan kombinasi yang efektif dalam mengobati sembelit.
  4. Buah Jeruk : Konsumsi satu atau dua buah jeruk sebelum tidur dan saat bangun tidur mampu mencegah akumulasi makanan pada usus besar.
Beberapa tips cara mengatasi sembelit secara alami yang telah dibahas di atas, diusahakan dibarengi dengan mengkonsumsi makanan kaya serat dan menghindari makanan seperti produk tepung putih, daging dan telur. Kunyahlah makanan dengan benar dan tidak terburu-buru ditelan, sehingga makanan juga dapat dicerna dengan baik di usus. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba..

ARTIKEL TERKAIT:

0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar